Klik VSI Yusuf Mansur

Selasa, 03 Maret 2009

Inspirasi Saat Kerja

Inspirasi Saat Kerja

A. Kehabisan Inspirasi dan Ide Saat Bekerja
Hindari pola dan berpikir terkotak
Ada kalanya dalam bekerja anda tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Akibat pikiran yang terlalu overload pada akhirnya justru anda bingung sendiri dan kehabisan ide. Sebenarnya mudah saja menjadi wanita yang kreatif. Namun, perlu diingat bahwa kreatifitas tidak akan muncul dengan sendirinya karena meskipun kita memiliki bakat kreatif, bila tidak pernah diasah maka tidak akan mungkin menghasilkan sebuah kreativitas.


Kreativitas merupakan suatu cara untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif. Hasil kreativitas tidak harus sesuatu hal yang sifatnya orisinil, tetapi bisa sesuatu yang berbeda, baik itu yang berupa ide maupun tindakan. Kreativitas juga dapat diidentifikasikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengambil  elemen-elemen yang sudah ada dan mengkombinasikannya dengan cara yang baru.
Setiap orang pada dasarnya kreatif. Setiap tindakan kita menghasilkan sesuatu merupakan wujud dari kreativitas yang kita miliki. Contoh kecilnya saja, pasti anda pernah merubah tata  letak kamar, atau memadu padankan pakaian kerja anda. Semua tindakan yang kita  lakukan sebenarnya melalui proses pemikiran kreatif. Anda juga pasti sering mencari solusi dari berbagai masalah dalam kehidupan.
Misalnya saja saat sedang kehabisan uang untuk kencan dengan kekasih, maka anda mengganti jadwal dengan menonton dvd di rumah. Solusi-solusi  semacam itu sebenarnya adalah tindakan kreatif yang tidak pernah anda sadari.
Sebenarnya salah satu penghambat kreativitas adalah diri anda sendiri. Seringkali sebelum melakukan suatu tindakan, anda sudah menjustifikasi bahwa anda tidak bisa melakukan hal tersebut.
Biasanya  hal tersebut secara otomatis akan timbul karena  sudah memiliki perasaan negative terlebih dulu, seperti takut dikritik, takut  gagal, takut dikomentari negative atau menciptakan sesuatu di luar kebiasaan. Mulai sekarang, cobalah hindari kata”saya tidak bisa” karena hasil yang anda dapatkan akan berwujud seperti itu.
Selain itu, hambatan budaya seperti  larangan untuk ’ keluar jalur’  atau bertindak di luar konteks juga dapat menurunkan tingkat kreativitas kita. System pendidikan ternyata pun turut mendukung tidak terciptanya iklim yang kreatif. Coba ingat, seringkali dalam ujian, seringkali menjawab soal ujian dalam bentuk pilihan benar atau salah.
Padahal,jenis pertanyaan seperti itu justru tidak mendorong berpikir  kreatif.
Keterpakuan cara pandang terhadap sesuatu hal dapat menghambat proses berpikir kreatif. Kalau anda hanya memikirkan sebuah jepit rambut khusus untuk rambut saja, anda tidak akan pernah bisa kreatif. Padahal, sebuah jepit rambut dapat dialih fngsikan menjadi hiasan dinding, penjepit rambut kertas, atau bahkan pembatas buku.


Cara pandang atau berpikir anda yang ‘terkotak-kotak’ juga dapat menghambat proses kreativitas. Jika mendengar kalimat ‘kucing melihat tikus’, pasti sebagian besar menyangka bahwa kucing tersebut yang akan mengejar tikus. Padahal bisa saja yang terjadi justru sebaliknya. Si kucing, yang ternyata masih berusia dua minggu lari ketakutan melihat tikus yang badannya dua kali lebih besar daripadanya.
Jika anda ingin kreativitas semakin tinggi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengizinkan diri anda untuk mengasah kreativitas diri. Keyakinan diri yang menegaskan bahwa  anda  dapat menghasilkan sesuatu yang kreatif akan tertanam dan secara tidak sadar akan mendorong anda untuk menciptakan suatu hal yang  kreatif.
Jangan pernah ragu untuk menjadi ‘gila’. Kalau anda sedang mati gaya atau kehabisan ide, berdirilah di tengah ruangan dan tutup mata kita. Berputarlah di tempat sampai kehilangan orientasi lalu berjalanlah lurus sampai anda menyentuh sesuatu. Buka mata anda dan gunakan benda yang anda sentuh itu sebagai ‘ subyek’ untuk mencari ide.
Berdasarkan penelitian, tentang aura dan terapi warna, ternyata warna ungu dapat meningkatkan kemampuan otak kanan yang sangat berperan penting dalam hal kreativitas. Warna ungu dapat merangsang munculnya ide dan pemikiran kreatif. Jika memungkinkan, lebih baik kelilingi lingkungan kerja anda dengan warna ungu, entah melalui pakaian, hiasan meja atau dinding kamar.

Memancing Kreativitas
Untuk menimbulka kreatifitas haruslah ada niatan yang kuat dari diri sendiri. Berikut beberapa tips agar kreatifitas bisa muncul dengan cara memancingnya.


Catat ide-ide yang ada di dalam kepala
Gunakan juga gambar untuk memperjelas ide anda. Simpan juga benda-benda yang dapat membangkitkan memori dan taruh di tempat yang mudah dibuka. Aplikasikan juga cara lama dengan ide yang baru saja muncul ditambah dengan sentuhan pribadi. Misalnya saja, baju lama yang sudah membosankan dapat anda tambahkan hiasan-hiasan berupa kancing warna-warni.

Jangan pernah merasa takut atas kegagalan
Terkadang anda harus mencoba berates kali untuk mendapatkan  hasil yang sempurna. Eksperimen yang anda lakukan berulang kali akan membuka pikiran mengenai kesalahan yang selama ini anda lakukan. Namun, lakukan suatu hal yang memang anda kuasai bila memang merasa tidak mampu untuk menciptakan suatu kreativitas lagi.

Istirahat sebentar
Bila  anda sudah benar-benar kehabisan ide, maka istirahatlah. Terlalu lama mengerjakan suatu hal bisa membuat anda merasa jenuh. Sisihkan waktu sejenak untuk rileks, bersenag-senag atau hang out, terbukti mampu menjernihkan otak yang sudah mulai overload. Jika setiap hari anda sudah penat dengan kemacetan ibu kota, maka beristirahatlah dengan bepergian ke luar kota.

Buka mata, telinga dan hati
Agar mendapatkan inspirasi yang kreatif, anda harus selalu membuka diri dan sensitive terhadap lingkungan sekitar. Cobalah perhatikan hal-hal kecil di sekitar anda. Misalnya saja percakapan dua anak kecil atau orang yang melintas di hadapan anda.

Banyak bergaul dengan orang-orang yang kreatif
Cari teman yang kreatif sehingga anda dapat bertukar pendapat dengannya. Sisihkan waktu minimal sepuluh menit setiap hari sekeddar untuk mengobrol dan brain stroming dengannya supaya kreativitasnya menular.

Latih otak kanan
Sering mencatat dalam bentuk tulisan kurang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas bila tidak ditunjang dengan gambar dan ingatan visual. Tingkatkan kepekaan anda akan hal-hal seperti gambar, symbol, bentuk dan warna karena biasanya dilakukan oleh otak kanan.

B. Rahasia Meraih Promosi
27th Januari
Gaji lebih tinggi, tunjangan lebih banyak, kekuasan lebih besar. Hmm… enaknya dapat promosi jabatan…
Ingin jadi kepala bagian sebelum umur 30 ? bisa bahkan banyak yang bisa jadi asisten wakil komisaris di usia 20-an. Jabatan tinggi bukan lagi mimpi untuk kita yang masih muda.
Asal tahu cara yang tepat, kita bisa raih jabatan idaman.

RAHASIA 1 : SIAP-SIAP
Ingin dipromosikan ? jangan langsung ‘tembak’ atasan anda menuntut jabatan lebih tinggi  kalau kita tidak punya persiapan menuju jabatan yang diincar. Asal disiapkan dengan matang , atasan nantinya merasa tidak perlu berpikir dua kali mempromosikan kita. Beberapa hal yang harus dilakukan :
Buat Target, spesifikasikan jabatan yang kita inginkan lengkap dengan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Lalu mulailah menghitung mundur. Misalnya, jika ingin mencapai posisi manajer dalam waktu  enam tahun, kita harus targetkan untuk jadi staf senior dalam dua tahun, jadi asisten manajer dalam empat tahun, dan seterusnya. Target ini akan membuat kita termotivasi sekaligus memudahkan kita mengevaluasi perkembangan kita.
Riset Jabatan, setelah menetukan target, cari tahu A-Z tentang  jabatan yang kita inginkan. Mulai dari besarnya tanggung jawab, hambatan yang akan dihadapi, sampai ke keahlian yang dibutuhkan. Bisa jadi jabatan tersebut menuntut kita yang berlatar belakang komunikasi untuk tahu dasar-dasar akuntasi. Kalau sudah begitu, jangan tunda lagi mengambil kursus yang dibutuhkan dari sekarang.
Perluas Jaringan, jika selama ini kita hanya bekerja keras dan malas bersosialisasi, bahkan tidak kenal seluruh rekan satu divisi, sebaiknya lupakan saja niat untuk dipromosikan. Pasalnya, cara kerja seperti ini akan membuat kita miskin jaringan  dan sulit mencari informasi. Pengetahuan tentang perusahaan jadi tidak  berkembang dan peluang promosi bisa lewat tanpa sepengetahuan kita.
Kerja Keras,mustahil atasan mengangkat kita jika kita selalu malas bekerja. Kita harus ingat juga , kerja memenuhi deadline saja tidak cukup. Kita harus bisa terlihat menonjol dibandingkan rekan kerja lain. Jadi jangan sekedar menyerahkan laporan tapi juga usulkan ide-ide baru. Mengajukan diri untuk menangani proyek baru bisa menunjukan semangat kerja keras kita.

RAHASIA  2 : PERILAKU TEPAT
Gelar, umur bahkan pengalaman bukan syarat mutlak saat ini untuk bisa mendapatkan promosi. Persaingan antar perusahaan yang makin ketat dan budget yang kian terbatas membuat perusahaan tidak lagi terpatok mengangkat mereka yang bergelar S2 atau di atas 35 tahun. Kita punya peluang yang sama besar dengan mereka.  Rahasia perilaku yang tepat yang akan dapat membuat anda mendapatkan promosi . beberapa perilaku atau attitude yang patut anda kembangkan  antara lain seperti :
Mampu bekerja sama, memegang jabatan lebih tinggi artinya bekerja dengan lebih banyak orang . sikap egois dan tidak mudah bekerja sama jelas tidak akan membuat kita dipromosikan. Mulai lah dengan cara menghargai sesame rekan kerja, baik yang senior maupun yang junior.
Sesekali ajukan ide untuk makan bersama atau olahraga bareng. Ini menunjukan kalau kita pedulli pada kekompakan tim. Selain itu kita juga harus pintar-pintar menempatkan diri di tengah tim kerja . jika terjebak di tengah perdebatan, jangan memihak pada salah satu pihak. Jadilah orang yang lihai menurunkan ketegangan, menarik kesimpulan  dan membantu mencari jalan keluar. Disini akan terlihat potensi kita sebagai orang yang bisa  diandalkan disegala situasi.
Si serba bisa, sebuah perusahaan pasti butuh karyawan yang serba bisa. Tidak hanya handal  mengerjakan tugas sehari-hari dan mampu menepati  tenggat waktu, tetapi juga memiliki pengetahuan dan jaringanluas. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan besar karena karyawannya yang potensial ini bisa diajak diskusi mengenai berbagai masalah yang terjadi.
Saatnya memperbanyak pengetahuan dengan mengajukan diri terlibat di berbagai proyek. Selain memperluas  jaringan, kita bisa belajar banyaka dari pengalaman kerja rekan kerja kita satu tim. Efek positifnya adalah kita akan mampu menganalisis persoalan.
Jago Kasi masukan, memegang jabatana tinggi berarti tidak sekedar menjalankan  program, tapi iktu serta merancang dan menyumbangkan ide-ide segar yang bermanfaat bagi perusahaan.  Untuk menunjukan kalau kita punya inisiatif member masukan, saat rapat jangan diam atau ambil kursi paling belakang.
Duduk di depan dan ajukan ide. Pastikan  masukan kita tidak sekedar menguntungkan perusahaan, tapi juga karyawan. Jika kita berhasil, teman kerja kita pasti akan mendukung  kita naik jabatan.
Inovatif, pemimpin kaku yang selalumain perintah ?  itu sudah bukan jamannya lagi. Persaingan  yang ketat  memaksa kita  untuk tidak hanya bisa memimpin  dan menyuruh anak buah tetapi juga jadi pemimpin inovatif dan terbuka.
Saat rapat, terima ide orang lain jika memang  lebih bagus  dari ide kita. Ini menunjukan jika kita bisa terbuka terhadap  masukan orang lain dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Tentukan juga prinsip kepemimpinan kita dari sekarang.
Misalnya, “ saya inginanak buah saya menghargai waktu, karena itu saya pun tidak akan dating terlambat.” Prinsip ini bisa diterapkan mulai sekarang dan pada saat kita dapat kesempatan memimpin sebuah tim  kerja.
Pantang menyerah, proposal ditolak, kita langsung rendah diri dan bolos dating kerja berhari-hari. Cara bersikap seperti ini tidak akan membuat kita mendapatkan promosi.
Jika proposal ditolak atasan, kita harus cari tahu alas an kenapa menolaknya, perbaiki lalu ajukan lagi. Sikap ini akan menunjukan bahwa kita bisa menghadapi  hambatan dengan baik dan tidak mudah menyerah untuk mendapatkan ide yang menguntungkan perusahaan.

RAHASI 3 : NGOMONG DONG !
Beranikan diri menghadap bos untuk menyampaikan keinginan kita mencapai keinginan kita mencapai  target karier kita. Tentu saja tidak hanya bermodalkan omongan., tetapi juga bukti –bukti yang mendukung  bahwa kita memang pantas mendapatkan promosi.
Susun rapi dokumen kerja yang mencerminkan prestasi kerja kita, termasuk e-mail korespondensi kita dengan klien-klien besar selama ini. Catat dalam sebuah notes terbentuk poin-poin besar, apa saja yang ingin kita sampaikan  pada atasan. Ini akan  membuat  pembicaraan kita terarah dan focus.
Tunjukan pula bahwa kita memiliki minimal nilai lima keahlian utama yang dibutuhkan posisi tersebut . presentasikan kelebihan  kita tersebut dengan  bukti–bukti berupa  keterlibatan  kita dalam proyek atau keberhasilan kita menggandeng klien besar.
Terakhir, jangan paksa atasan untuk member jawaban “ya” atau “tidak” saat itu juga. Tutup ‘presentasi’ kita dengan  pertanyaan kita dengan pertanyaan terbuka, seperti, ‘ bagaimana , pak ? kira-kira apa langkah selanjutnya agar saya bisa mendapatkan promosi ini ?”
Kalaupun  bos anda menjawab, bahwa kita belum memenuhi kualifikasi yang diharapkan , tanyakan apa yang harus diperbaiki dari diri kita. Tidak lama lagi, jabatan idaman anda pasti akan di tangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar teman - teman di sini...!!!

Lazada Vietnam Master card on Monday

 
Powered by Blogger