Klik VSI Yusuf Mansur

Rabu, 04 Desember 2013

Tips Olahraga Otak Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Mungkin, kamu adalah orang yang memiliki kekurangan dalam menghafal angka, dan justru lebih lihai dalam menghafal nama seseorang. Padahal, menghafal termasuk dalam faktor 'kebiasaan'. Ternyata, untuk meningkatkan daya ingat dapat dilatih lho. Anggap saja olahraga otak, agar otak kita dapat bekerja dengan optimal.

Ini tipsnya:

Quote:
• Latihan Otak Kanan
Otak kanan selalu identik dengan kreatifitas, fantasi, bentuk dan ruang, emosi, musik dan warna. Cara kerjanya tidak terstruktur dan tidak memikirkan hal- hal yang mendetail. Daya ingatnya bersifat long term memory atau ingatan yang panjang. Akibat dari terjadinya kerusakan otak kanan antara lain terganggunya kemampuan visual dan emosi. Cara melatih otak kanan antara lain dengan bermain alat musik, mendengarkan radio, menyanyi, menari atau kerajinan tangan

• Latihan Otak Kiri
Otak kiri berfungsi mengatur kemampuan nalar, bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Kebalikannya dari otak kanan, daya ingat otak kiri bersifat short term memory atau jangka pendek. Gangguan kerusakan pada otak kiri akan menyebabkan gangguan berbicara, berbahasa, dan berhitung. Untuk melatih otak kiri antara lain dapat dilakukan dengan permainan puzzle, latihan berhitung dan belajar bahasa asing.

• Latihan Otak secara Keseluruhan
Untuk melatih otak secara keseluruhan, maka kita harus membuat otak kita aktif berpikir dan bekerja. Jangan biarkan otak kosong. Rajin mengikuti kegiatan- kegiatan di area lingkungan, kantor, sekolah atau kampus juga mendorong otak untuk tetap aktif bekerja dan memicu pikiran kreatif. Sesekali kita juga perlu mengistirahatkan otak dengan jalan- jalan, yoga, meditasi atau mendengarkan musik agar otak terhindar dari stress dan merangsang pusat kontrol otak untuk kebahagiaan.
Bagaimana, semoga tipsnya bermanfaat ya?

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar teman - teman di sini...!!!

Lazada Vietnam Master card on Monday

 
Powered by Blogger