Klik VSI Yusuf Mansur

Jumat, 06 November 2009

Emulator Applikasi Handphone @ Linux












Berawal dari berkunjung ke mataram mall, kagak sengaja q lihat di konter penjual applikasi untuk handphone di lante 3 lagi asyik mainin game yang diperuntukkan u/ handhone, wah asyik banget tuh…
pikirku, so kucoba deketindia. Pake apaan itu mas?? Ini lho gy nyoba game yang m dibeli bapak sebelah untuk hp nokia… bla….bla.. bla… Akhirnya q nyeletuk lo di linux ada kgak ya??
“Kagak ada mas dah lama q nyari kagak ketemu2 “ katanya Lo ada kan asyik bisa install opera mini buat browsing biar lebih irit lo pake gprs n kagak punya duit buat belangganan kayak gue ha…3x

ah sudahlah…. Yang penting sekarang kan dah ketemu:) gini ney caranya :

1. Ambil aplikasi microemulator di http://www.microemu.org atau http://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=30014, versi terakhir pada saat nulis artikel ini adalah versi 2.0.2
2. ambil aplikasi untuk handphone misal Opera mini ambil yang ekstensinya *.jar dan *.jad di http://www.operamini.com, versi yang di pake adalah opera-mini-4.1.11355 untuk mokia 3230.

Setelah kedua program tadi di donlod, maka installkan dulu JRE (Java Runtime Environment) versi 6 di repo ubuntu dah ada tinggal install ja pake synaptic, pake terminal juga bisa pi ada sedikit masalah pas q install pake terminal. Selama proses instalasi, bakal disuruh menyetujui license agreement.

Cek keberadaan JRE and install
$ apt-cache search java|grep jre
$ sudo apt-get install sun-java6-jre

Ekstrak microemulator yang udah di donlod sebelumnya dan taroh di /home/user anda
$ tar -C ~/ -zxvf microemulator-2.0.2.tar.gz

masuk ke folder tempat ekstrak
$ cd ~/microemulator-2.0.2

jalanin microemulator pake perintah berikut
$ java -jar microemulator.jar

Selanjutnya Muncul GUI microemulator. Aplikasi ini mempunyai 3 jenis tampilan yaitu mini, rezisable dan maximize, dengan tampilan resizeable tampilan opera mini jadi selebar layar desktop anda dan gambarnya kagak pecah.

Untuk merubah tampilan :

* Klik menu Options –> Select Device…
* Klik tombol ADD, lalu browse folder ~/microemulator-2.0.2/device, pilih salah satu device misal microemu-device-resizable.jar dan tekan tombol OK.
* Pada GUI “select device…”, pilih Resizable device, lalu jadikan sebagai default dengan klik tombol Set As Default. Lalu klik OK.
* Selanjutnya resize GUI microemulator dengan klik tombol RESIZE, atau cukup tekan tombol Maximize. Jalankan opera mini yang sudah kita unduh, dengan klik menu File –> Open JAD File…, lalu browse file opera mini yang sudah kita unduh. Klik OK. Lalu klik START. Opera mini langsung ngacir…. N qta bisa brosing dengannya he…3X.

Selamat menjajal ning your kompor :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar teman - teman di sini...!!!

Lazada Vietnam Master card on Monday

 
Powered by Blogger