Klik VSI Yusuf Mansur

Rabu, 24 Juni 2009

Grub Hilang habis Install ulang ?? Install lagi aja !!

Sabtu, berencana untuk menginstall Ubuntu 8.04. Apa boleh baut ! eh, maksudku apa boleh buat.. Ternyata ak baru aja install ulang Windows XP ku karena kmaren ga mau konek2 diinstallin modem vodafone.
Tentu saja Grub langsung hilang, maka kali ini karena saya lupa bagaimana install Grub.. Sekarang akan aku tulis langkah2nya..
1.Nyalakan Komputer, masukkan cd linux Ubuntu 8.04 (Hardy Heron). set booting priority pada CD-ROM
2.Masuk Live CD Ubuntu. Pilih “Try Ubuntu without bla3x….”
3.Setelah masuk, langsung keluarin…. Terminal.
4.Ketik :
sudo mkdir /media/mnt
sudo mount /dev/sda12 /media/mnt/
sudo mount -o bind /dev/ /media/mnt/dev
sudo chroot /media/mnt
grub-install /dev/sda12
perhatian : sda12, merupakan partisi ubuntu yang saya gunakan, anda bisa saja merubah perintah ini sesuai dengan partisi yang anda gunakan.
Sekian tutorial singkat ini, saya menulis berdasarkan pengalaman saya bolak-balik install grub. Jadi kalo ada yang mempunyai cara lain tau saran dan kritik, silahkan dikomen saja .. hohohoho !!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar teman - teman di sini...!!!

Lazada Vietnam Master card on Monday

 
Powered by Blogger