Klik VSI Yusuf Mansur

Kamis, 12 Februari 2009

Mencicipi Linux di Windows Menggunakan Innotek VirtualBox

Mencicipi Linux di Windows Menggunakan Innotek VirtualBox

Pengen mencoba linux, tapi masih takut. Katanya ribet lah, ruwet lah, takut datane kehapus lah mending ga usah kepengen lah… Sebenere ada cara untuk mecoba linux tanpa mengubah isi dari hardisk, yaitu menggunakan linux live cd. Namun ada beberapa distro yang tidak menyediakan versi live cd jadi untuk mencoba distro tersebut mau tidak mau qta harus mengistalnya.
Emulator bisa mengatasi masalah tersebut, dengan emulator qta bisa menciptakan sebuah komputer virtual yang jalan di operating sistem windows. Dengan komputer virtual itulah nanti qta bisa mencoba menginstal distro linux tersebut. Jadi Linux nya bisa jalan di windows.

Screenshot di diatas adalah distro PCLinuxOs salah satu distro kesukaan Q yang aq jalankan lewat Innotek Virtual Box yang aq install di windows. Nah berikut aq akan sedikit paparkan cara menginstall Innotek Virtual Box dan menjalankan linux distro PCLinuxOS di Windows Xp

1.Install program yang baru saja di download tersebut

2.Ikuti Petunjuk Penginstalan sampai program selesai terinstall
3.Jalankan Program tersebut melalui Start > Program > Innotek VirtualBox > VirtualBox
4.Tampilan Awal Program tersebut adalah seperti berikut

5.Buat satu komputer virtual dengan menekan tombol new.
6.Anda akan dihadapkan pada wizard new virtual machine, klik next
7.Ketikkan nama virtual machine dan pilih type operating system yang digunakan dalam hal ini saya menggunakan linux 2.6 kemudian klik next
8.Tentukan Memori yang digunakan untuk virtual machine tersebut, jangan pake banyak” pake recomendasi dari program aja dah cukup (128MB)
9.Berikutnya anda disuruh memilih apakah mau menggunakan hardisk virtual untuk dipasang di virtual machine yang mau dibuat. Hardisk virtual ini berupa file berekstensi *.vdi karena qta masih belum punya hardisk virtual jadi kita ciptakan aja hardisk virtual (pilih new) dan anda akan dihadapkan pada wizard pembuatan hardisk virtual. Gunakan image type dinamic agar ukuran hardisk tersebut menyesuaikan dari ukuran file yang kita simpan di hardisk virtual tersebut, jadi semakin banyak file yang qta simpan di hardisk virtual tersebut maka semakin banyak juga ukuran atau kapasitas dari file vdi yang qta buat. Pilih next dan tentukan maksimum file size (hardisk capacity) yang qta buat.
10.Setelah selesai satu virtual machine akan tampil pada halaman awal virtualbox.

11.Klik nama virtual machine yang baru qta buat dan pilih setting

12.Di halaman setting tersebut ada banyak setting, mulai dari general setting tempat qta setting nama machine, memori yang diguanakan sampe ngatur urutan booting juga ada. Untuk mengatur hardisk yang qta gunakan bisa diatur di tab Hardisk. Untuk floppy dan cdrom anda bisa mengaktifkan di tab floopy dan cd/dvdrom. Dalam hal ini aq mengaktifkan cdrom dan aq ambil dari drive komputer yang isinya cd PCLinuxOS, atau anda juga bisa menggunakan iso dari linux tersetbut. Setelah setting pilih ok.
13.Lalu jalankan virtual machine tersebut dengan menekan tombol Start dan sebuah window terbuka dan menjalankan virtual machine tersebut. Seperti punya komputer lagi dalam sebuah komputer

Untuk Mendownload program ini silahkan klik link dibawah ini.
VirtualBox-2.1.2-41885-Win_amd64(2).zip
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar teman - teman di sini...!!!

Lazada Vietnam Master card on Monday

 
Powered by Blogger